Kewirausahaan (1)

Nama               : Siti Amalia

Kelas               : 4ID01

NPM               : 38413520

Mata Kuliah    : #Kewirausahaan

  1. Jelaskan pengertian kewirausahaan dan apa pentingnya ilmu kewirausahaan bagi seorang wirausaha!
  • Pengertiaan kewirausahaan menurut para ahli:
  1. Menurut Stein dan Jhon F.Burgess, Kewirausahaan adalah salah satu yang mengatur, mengelola dan berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang bisnis dan bisnis baru.
  2. Menurut J.B Say, Kewirausahaan adalah bahwa pengusaha dapat mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki oleh ekonomi dan meningkatkan produktivitas.
  3. Menurut Peter F Ducker, Kewirausahaan merupakan kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

Kesimpulan:

Menurut saya, kewirausahaan merupakan salah satu kemampuan pengusaha dalam mengatur peluang bisnis untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda agar produktivitas sumber daya dapat ditingkatkan.

  • Pentingnya ilmu kewirausahaan bagi seorang wirausaha adalah agar wirausahawan memiliki kemampuan dalam menyusun strategi agar berani mengambil resiko dalam membuat usaha. Ilmu terkait kewirausahaan juga membantu wirausahawan dalam menentukan peluang usaha yang akan dibuatnya agar memiliki ciri khas.

  1. Sebutkan motivasi seseorang untuk melakukan wirausaha!

Terdapat beberapa motivasi seseorang untuk melakukan wirausaha. Berikut merupakan motivasi seseorang untuk melakukan wirausaha (Saiman, 2009).

  1. Laba

Dapat menentukan berapa laba yang dikehendaki, keuntungan yang diterima, dan berapa yang akan dibayarkan kepada pihak lain atau pegawainya.

  1. Kebebasan

Bebas mengatur waktu, bebas dari supervsi, bebas aturan main yang menekan,/intervensi, bebas dari aturan budaya organisasi/perusahaan.

  1. Impian personal

Bebas mencapai standar hidup yang diharapkan, lepas dari rutinitas kerja yang membosankan, karena harus mengkuti visi, misi, impian orang lain. Imbalan untuk menentukan nasib/visi, misi dan impianya sendiri.

  1. Kemandirian

Memiliki rasa bangga, karena dapat mandiri dalam segala hal, seperti permodalan, mandiri dalam pengolahan/manajemen, mandiri dalam pengawasan, serta menjadi manajer terhadap dirinya sendiri.

  1. Apa yang menjadi hambatan seseorang untuk menjadi wirausahawan?

Hambatan seseorang untuk menjadi wirausahawan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sulitnya mendapatkan modal
  2. Terlalu lama menentukan usaha apa yang akan dibentuk
  3. Ragu atau tidak serius tentang peluang bisnis yang akan dijalani
  4. Mudah menyerah
  5. Kurangnya keterampilan dalam melakukan wirausaha
  6. Tidak memiliki kemampuan berinovasi
  7. Pesimis

  1. Peluang usaha apa yang dapat dibangun di lingkungan sekitarmu (misal: kampus/ tempat tinggal).

Peluang usaha yang dapat dibangun di lingkungan sekitar tempat tinggal saya salah satunya adalah warung internet beserta percetakan. Saya tinggal di Jalan H. Shibi, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Walau kalau dilihat dari alamat rumah saya berada di tengah kota yang tentunya sudah banyak akses internet. Tetapi, saya sebagai mahasiwa merasa bahwa di daerah rumah saya terbilang cukup jauh dari jalan raya. Sehingga cukup sulit kalau harus bolak-balik ke sekitar kampus hanya untuk nge-print tugas atau fotokopi, dsb. Padahal didaerah rumah saya termasuk daerah yang banyak kontrakan dan kost-kostan yang banyak dihuni oleh mahasiswa atau kaum muda lainnya. Di daerah rumah saya hanya ada satu warnet, itupun hanya bisa digunakan untuk bermain game online yang pengunjungnya biasanya adalah anak-anak. Mungkin, masyarakat dilingkungan saya beranggapan bahwa printer bisa dibeli sendiri, begitupun internet. Tetapi, untuk anak kost-an dan kaum muda yang mengontrak setidaknya masih membutuhkan adanya warung internet dan percetakan untuk memenuhi tugas-tugas kuliah atau pekerjaan mereka.

By stamalia

Leave a comment